Suatu bisnis bisa dimulai, dijalankan, dan dikembangkan dengan adanya modal yang cukup. Crowdfunding adalah salah satu cara atau usaha yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal tersebut secara kolektif.

Usaha pengumpulan modal seperti itu kini banyak diminati para pengusaha karena memiliki banyak kelebihan. Selain itu, jenis crowdfunding pun beragam, sehingga bisa memberikan banyak pilihan. Langsung simak informasi lengkap tentang crowdfunding di artikel ini!

Pengertian Crowdfunding

Apa yang dimaksud dengan crowdfunding? Pengertian crowdfunding adalah suatu cara yang dilakukan untuk mendapatkan dana atau modal secara kolektif agar dapat digunakan dalam menjalankan bisnis.

Pada umumnya, pencari dana melalui crowdfunding sudah memiliki ide bisnis dan rancangan yang matang untuk menjalankan serta mengembangkannya. Namun, kendala yang dialaminya adalah kekurangan dana atau modal. 

Oleh karena itu, crowdfunding adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Crowdfunding dilakukan dengan menawarkan ide kepada kolega, pelanggan, pemodal, dan orang-orang di luar, sehingga tertarik memberikan dana.

Pengumpulan dana atau modal usaha tersebut dapat dilakukan melalui platform. Platform crowdfunding adalah website, media sosial, dan platform digital lainnya.

Manfaat atau Kelebihan

Crowdfunding atau pengumpulan modal secara kolektif menjadi sangat populer di kalangan UKM, star up, dan berbagai jenis usaha lainnya. Selain pencari modal, ternyata banyak juga pemodal yang tertarik mendanai bisnis yang ditawarkan.

Berikut ini beberapa manfaat dan kelebihan yang dapat diperoleh dengan mengumpulkan dana secara crowdfunding, yaitu:

1. Lebih Cepat Mendapatkan Modal Usaha

Kunci utama keberhasilan crowdfunding adalah membuat proposal ide bisnis yang menarik dan meyakinkan. Setelah itu, proposal bisnis dapat ditawarkan pada berbagai platform crowdfunding yang aman dan terpercaya.

Ide bisnis yang menarik dan meyakinkan pastinya akan menarik perhatian para pemodal dalam platform tersebut. Oleh karena itu, bisnis akan lebih cepat dan mudah mendapatkan modal atau pendanaan.

2. Bisnis Lebih Cepat Dikenal

Crowdfunding dilakukan dengan memperkenalkan dan menjelaskan rancangan ide bisnis kepada publik. Selain menjadi langkah awal untuk mendapatkan modal, tindakan tersebut juga akan membuat bisnis lebih cepat dikenal masyarakat secara luas.

Secara tidak langsung pun, crowdfunding bisa juga berfungsi sebagai media promosi atau pemasaran bisnis.

3. Dapat Digunakan untuk Memikat Pemodal Potensial

Manfaat lainnya dari sistem pendanaan crowdfunding adalah memikat atau mendapatkan pemodal yang potensial. Artinya, pemodal yang memberikan modal dana bisnis memang mempelajari proposal ide bisnis dengan detail dan benar-benar tertarik dengan bisnis tersebut.

Kesempatan tersebut bisa menjadi peluang untuk mendapatkan modal bisnis sesuai target atau bahkan lebih besar.

Jenis-jenis Crowdfunding

Secara umum, terdapat empat jenis crowdfunding yang dapat dilakukan. Berikut ini macam-macam crowdfunding tersebut, yaitu:

1. Donation Crowdfunding

Jenis crowdfunding yang satu ini menggunakan sistem donasi untuk mengumpulkan dana bisnis. Seperti namanya, pemodal donation crowdfunding tidak menuntut pengembalian modal dan memang memberikan modal usaha sebagai bentuk donasi.

2. Reward Crowdfunding

Reward crowdfunding merupakan jenis crowdfunding yang menawarkan hadiah atau reward menarik bagi para pemodal yang memberikan dana ke bisnis. Reward atau hadiah yang ditawarkan dapat berupa uang imbalan, merchandise, layanan khusus, maupun hadiah lainnya.

3. Equality Crowdfunding

Jenis crowdfunding yang satu ini menawarkan saham kepada para pemodal. Meskipun dijalankan dengan sistem cukup rumit, tetapi equity crowdfunding dapat memberikan modal bisnis yang besar.

4. Debt Crowdfunding

Debt crowdfunding dijalankan dengan sistem peer to peer lending atau sistem hutang. Artinya pengembalian dana harus ditambah bunga dan sesuai dengan tenor seperti pada perjanjian yang sudah disepakati bersama.

Crowdfunding adalah metode pengumpulan dana atau modal bisnis secara kolektif yang memberikan banyak manfaat untuk pebisnis maupun pemodal. Jenis crowdfunding cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Author

Write A Comment